in

Mudahnya Membuat Branding Dengan Kata “Yang”

Menurut saya, yang perlu kita catat sebelum kita ngomongin Branding, bahwa branding itu tidak selalu ngomongin logo, branding itu selalu ngomongin design, branding itu tidak selalu ngomongin tagline. Tetapi logo, design, tagline itu hanyalah salah satu dari sekian banyak tool untuk mengenalkan brand.

Secara garis beras, menurut saya pribadi branding itu “Ungkapan atau ucapan orang lain terhadap seseorang / sebuah produk / sebuah perusahaan”, contoh sederhananya adalah jika kita mendengar nama Bapak BJ Habibie, maka kebanyakan orang akan ngomong “Pembuat Pesawat, Presiden Indonesia ke 3, etc”.

Baca Juga: Nauru – Negara Kecil Yang Pernah Jadi Negara Terkaya di Dunia.

Contoh lainnya jika kita mendengar nama mungkin Miyabi, mungkin kamu akan langsung ngomong kalau Miyabi adalah titik titik titik titik (Silahkan diisi sendiri).

Kalau menurut saya pribadi, itulah yang dinamakan branding, atau istilah kerennya adalah Personal Branding.

Begitu juga dengan sebuah produk ataupun perusahaan, ambil contoh ketika kita ketemu orang memakai baju lengan pendek berwana orange/jingga maka dibenak kita biasanya langsung ngomong orang ini kerja di Kantor Pos, Jika kita bertemu orang memakai baju hijau maka dibenak kita biasanya langsung ngomong orang ini kerja di Pegadaian.

Ambil contoh satu lagi “Kripik Maicih” (Disclaimer: bukan promosi), coba  bayangkan jika kita ditanyak kripik maicih itu kripik apa to? Kebanyakan orang akan bilang kripik maicih itu kripik singkong yang pedas yang punya level kepedasannya.

Baca Juga: 5 Hobi Yang Bisa Kamu Jadikan Bisnis Yang Menguntungkan

Coba banyangin, kripik maicih kan cuma singkong, singkong kan produk generik, semua orang bisa buat kripik singkong, apa istimewanya, jawabannya adalah karena dalam kripik singkong maicih terdapat kata “Yang”. Itulah yang menjadi pembeda kripik singkong maicih dengan kripik singkong lainnya, atau dalam bahasa kerennya itulah diferensiasi kripik maicih dibandingkan kripik singkong lainnya.

Seperti rumus sederhana dalam kehidupan dan seperti game-game sederhana cari 5 perbedaan dalam sebuah gambar, bahwa semakin kita berbeda (dalam hal positif) semakin mudah kita untuk dicari.

Ok, dari sini sudah mulai jelas kan, branding itu banyak membicarakan diferensiasi, dan bagaimana agar ketemu diferensiasi? Rumusnya adalah pakailah kata “YANG”

Nanta Jauhar

12 Mei 2020

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Investasi Saham Tanpa Analisa Fundamental Detail Ala Tommy Yu JSXPRO

Es krim Felice Gelato